menurut hasil pencariaan saya di Google: Berkeley Software Distribution (BSD) asli dimulai sebagai bagian dari modifikasi AT&T Unix Software, sebelum berkembang menjadi proyek yang independen. Sayangnya, AT&T masih memegang lisensi untuk UNIX, bertentangan dengan Berkeley Software Design Inc. (BSDI) yang mengklaim bahwa Berkeley Software Distribution juga termasuk source code AT&T. Kasus ini sempat dibawah ke pengadilan, dan hasilnya Bill Jolitz berwenang untuk mengambil bagian dari software yang bukan AT&T dan mengembalikannya menjadi free UNIX. Ini adalah awal lahirnya modern BSD.


BSD yang lain ada berbagai macam
1. FreeBSD adalah BSD yang paling populer, tapi ia bukan BSD satu-satunya. BSD 4.4−Lite menelurkan beberapa project yang mempunyai tujuan dan fokus sendiri.

2. NetBSD mirip dengan FreeBSD dalam berbagai macam aspek. Kedua project ini saling berbagi source code dan developer. tujuan utama NetBSD adalah membuat OS yang dapat di-porting ke berbagai platform hardware. Sebagai contoh, NetBSD dapat berjalan di VAXes, PocketPC, Alpha server, juga Compaq iPaq. Bahkan dapat berjalan pada hardware yang belum ada (belum diluncurkan). Source code NetBSD diberikan secara bebas, sama seperti pendahulunya, FreeBSD.

3. OpenBSD adalah cabang dari NetBSD sejak tahun 1996, tujuan utama adalah membuat OS BSD yang paling aman. OpenBSD adalah BSD yang pertama kali men-support hardware−accelerated cryptography (membolehkan untuk men-encrypt dan decrypt informasi pada waktu yang singkat), para developernya sangat bangga karena faktanya, default instalasi OpenBSD tidak dapat di-hack selama 4 tahun!! Para OpenBSD mania telah meng-audit seluruh code OpenBSD, memperbaiki lubang-lubang security yang mungkin dapat diexploitasi. Namun, dari sisi user-friendly, OpenBSD tidak seperti FreeBSD.

4. BSD/OS diproduksi oleh Wind River Systems, ia adalah sebuah OS komersial & closed−source yang menyerupai FreeBSD. Beberapa manufaktur hardware tidak merelease spesifikasi hardware tanpa nondisclosure agreements, sehingga developer tidak dapat membuat device driver karena proprietary hardware. BSD/OS mendukung hardware jenis ini. Bagian-bagian penting BSD/OS tersedia untuk FreeBSD committers, dan FreeBSD menyerap perbaikan yang tidak merusak nondisclosure agreements.

Kelebihan dari BSD:
1. Bersifat opensource walaupun BDS/OS ada yang berbayar.
2. Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi.
3. Secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package untuk memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS.
4. Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java.
5. dapat berjalan dengan sangat baik pada computer-komputer zaman sekarang.
6. tidak membutuhkan processor yang begitu canggih dan RAM yang besar hanya untuk dapat memanfaatkan User Interface-nya.
7. Manajemen software yang sederhana
8. mengautomasi dan mendokumentasikan masalah-masalah install, uninstall dan proses konfigurasi untuk berbagai macam software package.
9. Proses upgrade yang optimal & yang simpel membuat sebuah sistem operasi yang optimum untuk hardware dan aplikasi.
10. File system-nya tahan terhadap kerusakan dan menulis serta membaca files dengan sangat-sangat cepat.
11. Virus/Spyware yang menyerang sedikit
12. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
13. Relatif mudah dikustomisasi secara bebas

Kekurangan dari BSD :
1. tidak dapat digunakan pada mikro karnal dalam PC IBM.
2. Tidak mendukung ISA-plug-and-ply-card.
3. Kecilnya basis developer dan pemakai yang mencari bug/kelemahan program.
4. Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop
5. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command.
Dibandingkan pada Windows, GUI pada BSD masih kurang.
6. Bagi para gamers, game sistem operasi ini sangat sedikit.
7. Penggunanya masih sangat sedikit

Mungkin itu sedikit tentang BDS, setiap OS pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mohon maaf jika terdapat kekeliruan atau perbedaan pendapat & Mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan. terimakasih.


Post a Comment

"sorry if there are errors in the writing of the author of this article, be it about the mistakes in English grammar, as well as about the truth of the article, because I'm learning to write in English. Thank you for reading this article"

 
Top