Menurut wiki; Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86 (Sumber: Wikipedia)


Kelebihan dari MAC OS:
1. “Time Machine”, aplikasi yang berfungsi untuk membackup system dan perubahan data secara otomatis
2. “Sherlock”, aplikasi yang bisa mencari data harddisk, jaringan LAN dan Internet secara keyword
3. Sangat sulit terserang virus, malware, maupun spyware
4. Tampilan lebih glossy dan elegan, cocok untuk desain/multimedia
5. Shutdown yang sangat cepat. waktu untuk shutdown hanya dibutuhkan 3 – 4 detik.
6. Bisa mengenal file format windows
7. Lebih stabil karena menggunakan UNIX
8. Bisa mengenal file format windows.
9. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
10. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
11. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
12. Mac OS memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.
13. High Performance, Khususnya pada Mac OS X - dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac - dengan kecepatan yang menakjubkan.
14. User-friendly, Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.


Kekurangan dari MAC OS:
1. Mahal, produk ini memang di khususkan untuk kalangan menengah ke atas.
2. Tidak cocok untuk aplikasi games dan server
3. Lebih cocok untuk desain grafis
4. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
5. Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
6. Software di Mac OS tidak begitu lengkap, Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.

Mungkin itu sedikit tentang MAC OS, setiap OS pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mohon maaf jika terdapat kekeliruan atau perbedaan pendapat. terimakasih.


Post a Comment

"sorry if there are errors in the writing of the author of this article, be it about the mistakes in English grammar, as well as about the truth of the article, because I'm learning to write in English. Thank you for reading this article"

 
Top