Menurut wiki; Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.


Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. (sumber: wikipedia)

jadi Linux OS atau Linux operating system pertama kali dikembangkan oleh seorang bernama Linux Torvarld, Linux sendiri bersifat open source sehingga boleh dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Jaman sekarang sudah sangat banyak sekali turunan dari sistem operasi ini diantaranya : Debian, Suse, Red Hat, Ubuntu dan lain-lain. Banyak orang menyukai sistem operasi ini karena gratis dan sangat aman terhadap virus.

Sistem operasi berlambang Pinguin ini selain gratis juga berlisensi GNU dimana kode sumber Linux bisa dimodifikasi, dipergunakan secara bebas atau bahkan didistribusikan lagi. OS Linux yang lebih dikenal dengan istilah distribusi Linux atau distro Linux biasanya sudah termasuk berbagai software pendukung seperti server web, basisdata, bahasa pemrograman, tampilan desktop (desktop environment) yang diantaranya adalah GNOME,KDE dan Xfce.

Kelebihan atau keunggulan Linux:
1. Linux Bersifat open source, terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya (LISENSI FREE).

2. Sekarang Linux sudah mudah di operasikan. Bahkan sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya beda dengan dulu pengguna linux identik dengan para hacker.

3. Lebih unggul dalam hal keamanan karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya sehingga Lebih aman dari serangan virus, sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan windows

4. Kelebihan OS Linux adalah memiliki grafis antarmuka (GUI) seperti sistem operasi modern lainnya. Pada interface grafisnya disebut dengan X-Window System, berbeda dengan X-Windows. Interface tersebut juga hadir dalam pilihan tampilan yang cukup bervariasi dan dinamis.

5. Dalam Linux selalu ada peringatan saat komputer meminta Reboot (Restart ulang) sesaat setelah melakukan instalasi program.

6. Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.

7. linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum. sehingga Kelebihan OS Linux lain yang sangat membantu adalah kebutuhan resource yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Hal ini membuat Linux sangat kompatibel untuk digunakan pada PC dengan spesifikasi minim.

8. Pengguna Linux tidak harus membeli perangkat keras mahal karena Linux dapat berjalan pada PC dengan konfigurasi minimal: Microprosesor 386 DX baik itu Intel, AMD Cryix dan lain-lain, RAM 4 MB serta Harddisk yang hanya memerlukan ruang 85 MB.

9. Linux mampu berjalan di dua mode & Adanya virtual memori / SWAP yang membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program yang besar.

10. Linux lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.

11.  Jangan mengira bahwa Linux hanyalah sistem operasi tunggal. Sama seperti sistem operasi lainnya, ada berbagai pilihan Linux yang diantaranya adalah Ubuntu, Debian, Fedora, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan lain-lain. Namun Ubuntu, Mint dan Fedora adalah jenis OS Linux yang paling populer digunakan.

12. Ada banyak komunitas di dunia maya pengguna Linux sehingga bagi pemula tidak perlu kahwatir apabila mengalami masalah. Dalam komunitas, anggotanya dikenal loyal dan mau saling membantu memecahkan permasalahan maupun hanya sekedar memberi tips-tips & Mempunyai komunitas di berbagai penjuru dunia.

13. Anda tidak perlu khawatir akan adanya razia software bajakan di bandara yang terutama pada komputer jinjing karena Linux adalah sistem operasi bebas.

14. Linux bisa berinteraksi dengan sistem operasi lainnya & Stabilitas, linux lebih stabil dibandingkan dengan windows.

15. Linux dapat mendukung akses hingga 33 macam sistem file yang jenisnya berbeda, diantaranya adalah sistem file FAT16, FAT32 (dari DOS), HPFS (OS/2), VFAT (Win), Minix, UFS (Solaris), SCO,Xenix, Novell, dan lain-lain.

16. Linux tidak ada batasan mengenai bagaimana konten yang digunakan pada sistem. Artinya, memang tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer maupun hal-hal yang menyebabkan konflik dengan perangkat keras maupun perangkat lunak.

17. Ada berbagai program-program penting maupun aplikasi-aplikasi jenis networking yang sudah tersedia dalam Distro (baik dalam bentuk CD maupun disket). Hal ini cukup memudahkan pengguna sehingga tidak perlu repot-repot lagi mencari aplikasi tambahan.

18. Menggunakan Linux juga bisa berarti Anda turut mengurangi pembajakan software yang secara khusus adalah sistem operasi.


Kekurangan atau Kelemahan Linux
1. Sistem operasi Linux sulit untuk dipelajari, terutama yang belum mempunyai kemampuan komputer sama sekali walupun sekarang linux lebih mudah dibandingkan dengan yang dahulu.
2. Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux
3. User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
4. Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux. Jika ingin melihat daftar-daftar hardware yang mendukung linux silahkan dilihat di www.linux-drivers.org atau www.linuxhardware.org/.
5. Instalasi linux tidak semudah Instalasi windows.
6. Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
7. Bagi administrator sistem perlu belajar dahulu karena belum terbiasa dengan Unix-like,.
8. Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

Mungkin itu sedikit tentang Linux OS, setiap OS pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mohon maaf jika terdapat kekeliruan atau perbedaan pendapat. terimakasih.

loading...

Post a Comment

"sorry if there are errors in the writing of the author of this article, be it about the mistakes in English grammar, as well as about the truth of the article, because I'm learning to write in English. Thank you for reading this article"

 
Top