Haiku atau yang juga dikenal dengan nama nama Open BeOS adalah sistem operasi yang dibuat berdasarkan BeOS. BeOS adalah sistem operasi yang memiliki arsitektur kuat yang dibuat oleh Be Inc, berbeda dengan sistem operasi lainnya yang dibuat berdasarkan hardware yang ada pada saat itu BeOs dibuat untuk bekerja pada Hardware modern (BeBOX) sehingga BeOS tidak terlalu dikenal. Sekarang projek BeOS dihentikan karena gagal dalam mengkomersilkan dirinya. BeOS merupakan sistem operasi yang berjalan pada arsitektur PowerPC namun pada penghujung usianya BeOS telah berhasil di porting ke platform X86 dan Haiku merupakan Projek yang betul-betul baru dan tidak memilki keterkaitan source code dengan BeOS, Haiku merupakan salah satu proyek open source. HAIKU masih dalam tahap praAlpha sehingga untuk menjalankan dibutuhkan Aplikasi Virtual seperti Qemu atau Vmware. Haiku dikembangkan oleh komunitas pengembang sukarelawan dari seluruh dunia. Selain itu, Haiku juga ada berkat dukungan komunitas berdedikasi yang sungguh-sungguh. Haiku Inc, Sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Michael Phipps.

Kelebihan:
-Arsitektur yang kuat untuk multimedia
-mendukung multiprosesor
-mendukung 64 journaling file sistem.
-Fokus utama pada Personal Computer
-Kernel yang dirancang untuk lebih responsif/tanggap
-Sepenuhnya dirancang untuk efisiensi yang tinggi dengan dukungan multi processor/Core
-Diperkaya dengan OO API untuk pengembangan yang cepat.
-Database, seperti Sistem File (OpenBFS) dengan dukungan Metadata terindeks
-Terpadu, serta antarmuka yang saling terhubung

Kekurangan:
-Hanya dapat digunakan pada Hardware modern (BeBOX)
-Untuk menjalankannya dibutuhkan Aplikasi Virtual seperti Qemu atau Vmware

Mungkin itu sedikit tentang Haiku OS, setiap OS pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mohon maaf jika terdapat kekeliruan atau perbedaan pendapat & Mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan. terimakasih...

loading...

Post a Comment

"sorry if there are errors in the writing of the author of this article, be it about the mistakes in English grammar, as well as about the truth of the article, because I'm learning to write in English. Thank you for reading this article"

 
Top